Rabu, 19 Maret 2014

Sign Language

Bahasa isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Kaum tunarungu adalah kelompok utama yang menggunakan bahasa ini, biasanya dengan mengkombinasikan bentuk tangan, orientasi dan gerak tangan, lengan, dan tubuh, serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan pikiran mereka.

Bertentangan dengan pendapat banyak orang, pada kenyataannya belum ada bahasa isyarat internasional yang sukses diterapkan. Bahasa isyarat unik dalam jenisnya di setiap negara. Bahasa isyarat bisa saja berbeda di negara-negara yang berbahasa sama. Contohnya, Amerika Serikat dan Inggris meskipun memiliki bahasa tertulis yang sama, memiliki bahasa isyarat yang sama sekali berbeda (American Sign Language dan British Sign Language).

Untuk Indonesia, sistem yang sekarang umum digunakan adalah Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang sama dengan bahasa isyarat America (ASL - American Sign Language).
1. Pelajari manual alfabet yang digunakan oleh orang tuli.
Amerika Manual Alphabet adalah alfabet manual yang menambah kosa kata American Sign Language ketika ejaan huruf individu kata adalah pilihan yang disukai atau hanya, seperti dengan nama yang tepat atau judul karya. Surat harus ditandatangani dengan tangan yang dominan dan dalam kebanyakan kasus, dengan telapak tangan menghadap penonton.

Gambar 1. Diunduh pada tanggal 17 Maret 2014: http://pathfinderindonesia.wordpress.com/2010/09/12/sign-language/
Gambar 2. Diunduh pada tanggal 17 Maret 2014: http://www.british-sign.co.uk/bsl-british-sign-language/what-is-fingerspelling/

Gambar 3. Diunduh pada tanggal 17 Maret 2014: http://pathfinderindonesia.files.wordpress.com/2010/09/signlanguage.jpg
Kesalahan umum:

Banyak kesalahan yang dibuat oleh fingerspellers awal secara langsung dapat diatribusikan bagaimana alfabet manual yang paling sering ditampilkan dalam grafis.

a.Surat
Dalam gambar sebagian besar atau ilustrasi dari American Manual Abjad, beberapa huruf digambarkan dari samping untuk lebih menggambarkan handshape yang diinginkan, namun dalam prakteknya, tangan tidak boleh berpaling ke sisi ketika memproduksi surat tersebut. Huruf C dan O adalah dua yang sering keliru berbalik ke samping oleh pemula yang menjadi terbiasa melihat mereka dari sisi dalam ilustrasi. Penting pengecualian dari aturan bahwa sawit selalu harus menghadap penampil adalah huruf G dan H. Kedua huruf harus dibuat, bukan dengan telapak menghadap penampil atau pembicara, tapi dengan telapak menghadap ke samping – tangan dalam ergonomis posisi netral.

b.Bilangan
Kesalahan lain yang dibuat oleh orang setia mengikuti ilustrasi gambar di sebagian besar alfabet ASL fingerspelling penandatanganan angka kardinal 1 – 5 dengan telapak tangan menghadap keluar. Angka-angka kardinal 1, 2, 3, 4, dan 5 harus ditandatangani sawit di (terhadap penandatangan). Hal ini berbeda dengan angka 6-9 kardinal yang harus diproduksi dengan telapak tangan berbalik untuk menghadapi orang yang sedang ditangani.
Seperti dengan huruf O, nol tidak boleh berpaling ke samping, tetapi menunjukkan telapak tangan menghadap ke depan.
Ini hanya berlaku ke nomor kardinal namun. Menggunakan nomor dalam situasi lain, seperti dengan untuk menunjukkan digit waktu misalnya, memiliki aturan yang berbeda. Saat menandatangani waktu, angka-angka selalu menghadapi orang yang sedang ditangani, bahkan nomor satu sampai lima. penandatanganan situasi lain yang melibatkan angka memiliki norma sendiri yang harus dipelajari berdasarkan kasus per kasus.

c.Rhythm, kecepatan & gerakan
Ketika fingerspelling, tangan Anda harus berada pada ketinggian bahu, dan ‘mental’ tidak boleh dengan huruf masing-masing. tangan Anda harus tinggal di satu tempat dan hanya perubahan yang handshape (dan orientasi untuk beberapa huruf). Jika Anda kesulitan melakukan ini, Anda mungkin ingin memegang lengan bawah Anda dengan tangan tidak dominan Anda untuk memaksa tangan ejaan Anda untuk tetap diam. ‘Bouncing’ huruf fingerspelling membuat Anda sulit untuk dibaca, bahkan untuk penandatangan asli.
Selain itu, handshapes yang jelas jauh lebih mudah untuk dibaca daripada fingerspelling cepat. Jangan berkonsentrasi pada kecepatan, sebagai fingerspelling cepat dengan handshapes buruk yang terbentuk akan sulit untuk dibaca. Cobalah untuk fingerspell seluruh kata dengan kecepatan yang sama, tidak mempercepat atau melambat. jeda menunjukkan awal dari sebuah kata baru, jadi jika Anda tiba-tiba melambat karena kombinasi huruf sulit, pembaca Anda mungkin berpikir Anda sedang memulai sebuah kata baru, yang mengarah ke kesalahpahaman. Pengecualian untuk ini kadang-kadang muncul pada awal kata. Huruf pertama dapat dilakukan untuk panjang surat ekstra sebagai isyarat yang penandatangan akan dimulai fingerspelling.

2. Memiliki minimal tiga jam instruksi dalam sign language.
Di mana Anda menemukan instruktur bahasa isyarat? Pertama, jika Anda tahu orang tuli atau seseorang yang tahu bagaimana tanda, meminta mereka untuk rujukan. Jika itu tidak berhasil, cek dengan konselor sekolah bimbingan lokal tinggi. Mereka mungkin dapat mengarahkan Anda ke salah satu program gratis atau untuk-membayar. Anda juga dapat memeriksa menjadi organisasi layanan lokal sosial, karena banyak menawarkan kelas bahasa isyarat gratis.
Idealnya, Anda akan memiliki instruktur relawan datang untuk mengajar club anda, tetapi anda mungkin perlu bersikap fleksibel. klub Anda mungkin perlu datang ke instruktur. Jika hanya beberapa orang di club anda tertarik, Anda harus bergabung dengan kelas yang memenuhi di luar waktu Pathfinder. Jika Anda mengundang seorang instruktur untuk mengajar di club anda, pastikan untuk menceritakan betapa banyak siswa untuk mengharapkan sebelum Anda meminta komitmen.
Setelah Anda menemukan kelas dan instruksi dimulai, kami sangat menyarankan Anda mengambil lima jam instruksi daripada hanya tiga yang dibutuhkan. Ini akan menjadi jauh lebih mudah untuk melanjutkan instruksi sampai Anda memiliki semua lima jam sebagai lawan untuk melanjutkan kelas suatu saat nanti.

3. Mengirim dan menerima ejaan jari pada tingkat lima kata per menit menggunakan minimum 25 huruf.

4. Lakukan salah satu dari berikut:
a. Jelaskan perbedaan antara Ameslan dan ditandatangani Inggris, dan mendemonstrasikan penggunaan keduanya.
Ameslan, atau American Sign Language, memiliki hubungan sedikit tata bahasa Inggris. Bahasa ini dikembangkan oleh komunitas tuli sebagai metode yang efisien dan ekspresif komunikasi. Signed Inggris, di sisi lain, dirancang dengan koneksi yang lebih langsung ke tata bahasa Inggris, teori ini adalah bahwa tahu itu akan membuat membaca dan menulis dalam bahasa Inggris lebih mudah. Inggris Menandatangani mengikuti urutan kata yang sama dan sintaks seperti bahasa Inggris yang diucapkan, sedangkan urutan kata dalam Ameslan secara konseptual berbasis.
b. Membaca dan memberikan laporan lisan atau tertulis pada sebuah sekolah di negara Anda atau negara yang mengkhususkan diri dalam pendidikan tuli.

Sumber:  

  1.  Diunduh pada tanggal 17 Maret 2014: http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_isyarat
  2. Sandler, Wendy; & Lillo-Martin, Diane. (2001). Natural sign languages. In M. Aronoff & J. Rees-Miller (Eds.), Handbook of linguistics (pp. 533-562). Malden, MA: Blackwell Publishers.
  3.  Susan Goodwyn, Linda Acredolo, and Catherine Brown (2000). Impact of symbolic gesturing on early language development. Journal of Nonverbal Behavior, 24 (2), pp. 81-103.
  4. Linda Acredolo and Susan Goodwyn (1985). Symbolic gesturing in language development: A case study. Human Development, 28, 40-49.
  5. Diunduh pada tanggal 17 Maret 2014: http://www.british-sign.co.uk/bsl-british-sign-language/




4 komentar:

  1. sandy lengkap bgt infonya sumbernya juga udh lengkap tulisanya nilainya 90 deh


    btw san...backgroundnya jgn biru semua deh aga ketutup gt di mudain dikit birunya :)

    BalasHapus
  2. Hai ka makasih komentarnya,aku ga suka yg muda. Aku sukanya yg lebih tua ><

    BalasHapus
  3. Penjelasan dan ilustrasi gambarnya menarik nih san, penjelasannya juga jelas. Nilai 90

    BalasHapus
  4. ini sangat membantu banget apabila nanti berkomunikasi sama orang gagu bisa pake bahasa isyarat ini thanks infonya ya sandy

    BalasHapus